MUSEUM BRI PURWOKERTO, KOTA BANYUMAS

SEJARAH BRI


Kota Banyumas. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. (http://www.bri.co.id/)

Tiket Masuk FREE, Hari Minggu s.d. Kamis, 08.00-14.00 WIB

Museum BRI terdiri dari 3 bangunan dengan 6 ruangan, ATM BRI, Ruangan Bank BRI, Ruang Pamer 2, Ruang Perpustakaan, dan Ruang Replika saat pertama Bank berdiri. Selebihnya ruang terbuka, kolam, patung Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

Maket Bank BRI Pusat, jakarta, Patung Dewa Kuwera(Lambang Kemakmuran Agama Hindu Siwa). Koleksi Koin Uang Logam Lama, jaman Majapahit, VOC, Hindia Belanda, Masa Orde Baru dan Mata uang yang pernah memerdekakan dari wilayah Republik Indonesia. Koleksi Uang Kertas Asing dan Lama, Celengan, Diorama Kesenian Tayuban, Diorama Pasar Jaman Dahulu, Mesin Pembukuan Jaman Dulu, Pesawat Telepon , Peti Besi.
Ruangan bawah terdapat mesin ketik dan mesin hitung yang digunakan oleh BRI
Perpustakaan, ruangan bawah. Terdapat ratusan buku dari jaman Belanda hingga sekarang, buku tentang Perbankan.

0 Response to "MUSEUM BRI PURWOKERTO, KOTA BANYUMAS"

Post a Comment